Rabu, 14 Agustus 2013

Lascaria(Pasrah Diri)


Lascaria dapat diartikan sebagai pasrah. Tetapi dalam konteksnya kebanyakan orang orang mengartikan pasrah sebagai kata dengan tidak melakukan apa-apa.  Namun di dalam Bhagavad Gita, lascaria diartikan kita sebagai umat manusia harus selalu berusaha seperti biasanya, tetapi hasil yang akan kita peroleh kita pasrahkan saja ke hadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa. Dibalik usaha yang kita lakukan, juga harus selalu dibarengi dengan doa yang kita panjatkan  kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Di dalam Hindu dikenal dengan Hari Raya ivalatri, yaitu Malam renungan iva. Pada malam iva ini, umat Hindu melakukan perenungan tentang hal hal yang selama setahun telah dilakukan,tanpa makan dan minum,tanpa tertidur semalam suntuk, yang kita lakukan hanyalah memasrahkan diri dengan berjapa menyebut nama tuhan dengan sebutan “OM NAMA IVA YA”.
NAMA IVA YA sendiri merupakan lima unsur  pembentukan badan kita,yang sering kita kenal dengan Panca Maha Bhuta. Unsur- unsur tersebut terdiri dari unsur angin, unsur api, unsur  tanah dan unsur air,
Dimana iva  memegang peranan penting di dalamnya.

Lascaria bila dikaitkan dengan malam renungan iva yaitu seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, di malam renungan Siva kita melakukan perenungan suci atau berjapa. Japa ini lah wujud pasrah kita kehadapan Ida Shang Hyang Widhi dimana Dewa iva sebagai manivestasiNya dengan harapan semoga di tahun aka berikutnya kita bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Jadi merayakan Tahun Baru tidak harus selalu dengan pesta pora, menghambur-hamburkan uang, tetapi dengan melakukan Perenungan suci sehingga di dalam diri kita tertanam kekuatan iman yang dapat kita jadikan bekal dalam mengarungi tahun tahun berikutnya.

Jadi kesimpulannya, dalam melakukan suatu kegiatan, kita harus melaksanakannya dengan sungguh sungguh serta dibarengi dengan doa, tetapi yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana kita memasrahkan hasil yang akan kita terima.


Sumber                           : Titian Rohani Agama Hindu ANTv
Hari/tanggal                 : -
Tempat                          : -
Nama Penceramah       : Bp. A S Kobalen

Tidak ada komentar :

Posting Komentar